«

»

Jul 14

oleh-oleh

beberapa waktu yang lalu dua orang kawan dari ibukota propinsi datang berkunjung ke kantorku, setelah seminggu disibukkan dengan pekerjaan disini, mereka pun harus langsung pulang karena ada pekerjaan lain yang menunggu. sebelum pulang, mereka menyempatkan diri untuk berbelanja oleh-oleh, untuk keluarga dan juga kawan-kawan di kantor.  oleh-oleh yang akan dibeli adalah produk makanan dari malaysia yang banyak terdapat di tarakan.

ada cukup banyak toko (besar maupun kecil) di tarakan yang bisa didatangi. tapi yang paling sering dijadikan sasaran membeli oleh-oleh adalah toko milo, golden plaza, galaxi, setia budi atau bisa juga ke toko sinar terang bersaudara (STB). bila ingin mencari oleh-oleh berupa coklat carilah di toko milo, di toko itu tersedia beragam bentuk dan merk coklat yang hampir semua produksi negeri jiran dan harganya juga tak terlalu mahal. berbagai produk makanan lainnya juga banyak terdapat di sana, hampir semua produk makanan negeri jiran bisa kita jumpai. toko ini juga merupakan toko roti produksi milo bakery. setelah itu barang-barang kita akan di pak oleh staf toko dalam kotak-kotak yang terbungkus rapi. di golden dan setia budi sebenarnya kondisinya tak jauh beda dengan toko milo, hanya memang produk coklatnya tak sebanyak dengan di milo, tapi di golden anda bisa mendapatkan es krim buatan negeri jiran, harganya pun tak terlalu mahal, antara 20.000-25.000 untuk 1,5 liter es krim. merknya pun beragam, anda tinggal memilih. di toko ini juga dijual roti, jangan lupa beli roti kepang bermerk AK. toko STB saat ini sedang jadi perhatian warga tarakan, karena setiap minggu toko (bekerjasama dengan skh radar tarakan) menyelenggarakan undian belanja gratis senilai 500.000 (dan biasanya pemenang belanja lebih dari 1 juta).

d i samping boleh lah juga anda membeli ikan kering tipis produk khas tarakan sebagai oleh-oleh. anda bisa membelinya di pasar dekat pelabuhan tengkayu. tinggal pilih membeli kiloan atau produk yang sudah dikemas rapi. harganya juga tak terlalu mahal.

berbicara oleh-oleh, aku jadi ingat dulu di awal kuliah, hampir setiap pulang kampung saat libur kuliah, selalu dititipin oleh-oleh bila akan kembali ke samarinda. ada bawang putih (dari negeri jiran tentunya, saat itu harganya jauh lebih murah dan kualitasnya lebih bagus dari bawang putih dalam negeri), makanan-makanan produk malaysia, sampai dengan baju hem lengan panjang kotak-kotak bermerk “roma” (rombengan malaysia) buat kawan-kawan kuliah. terkadang sampai perlu 2 kotak besar untuk membawa oleh-oleh tersebut, dan untuk membawanya cukup ribet karena harus berebutan saat akan naek dan turun kapal pelni dari pelabuhan tarakan ke balikpapan dan dilanjutkan naek bis ke samarinda lalu naek angkot (2 kali) untuk sampai ke rumah kos. dan bila tak disembunyikan, makanan-makanan tersebut bisa ludes dalam beberapa hari digasak kawan-kawan kuliah.

4 comments

Skip to comment form

  1. timpakul

    wah... dua orang itu nggak bagi-bagi oleh-olehnya... :-(

  2. argolog

    ga bagi-bagi? yang aku tau beli oleh-olehnya masing-masing sekotak.

  3. Bocah Alas

    loh ada oleh-olehnya toh... mana aku kok nda kebagian????:0

  4. argolog

    mumpung kawan yang satu lagi di tarakan, dibilangin aja jangan sampe lupa bawain oleh-olehnya. kayanya besok dia bakal mborong oleh-oleh lagi tuh...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Click to hear an audio file of the anti-spam word

Spam Protection by WP-SpamFree